THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 06 April 2009

7 prinsiP mengatuR waktu dalam hiduP kaMu

1. Amatilah sukses anda dengan pandangan jangka panjang.

Sukses adalah proses dan bukan status. Sukses adalah proses seumur hidup untuk mencapai apa yang mampu dan seharusnya kita capai. Sukses yang sesungguhnya tidak berhubungan dengan uang, walaupun tidak ada salahnya menjadi orang sukses yang kaya. Ada sejumlah orang kaya yang sukses, dan ada pula yang tidak.

Kita tidak bisa membeli sukses atau kebahagiaan, kita tidak dapat mengenakannya, mengendarainya, hidup di dalamnya atau pergi menjumpainya. Sukses dan kebahagiaan berakar di dalam diri kita, hidup dan bekerja di musim-musim, bukan berada pada penampilan luar, pada hal-hal yang kita beli dan kita dapatkan, pada posisi dan penghargaan yang kita capai dan kita terima.

Apakah gunanya kemashuran dan kekayaan kalau kita kehilangan hal-hal yang betul-betul bermakna dalam kehidupan kita, seperti cinta kesehatan, rasa hormat, sahabat dan keluarga. Sukses adalah koleksi dari kenangan anda, pemanfaatan dan kegembiraan pada saat saat anda sekarang, dan penghargaan anda terhadap musim-musim anda yang akan datang. Untuk mengatakan “saya sukses”, adalah memberi nilai abadi kepada kata tersebut, seakan akan tidak ada yang akan berubah atau semuanya akan sama seperti sekarang, tapi segalanya sudah pasti berubah, tetapi segalanya sudah bersifat sementara dan menghilang, tetapi hidup sukses selalu mungkin.

Setiap sukses yang lestari harus tumbuh dari dalam dan keluar. Perasaan sukses di dalam diri kita jauh lebih sulit didapatkan daripada sukses materi. Hal ini berarti kita harus mempertanyakan apa saja yang benar-benar kita inginkan dari kehidupan kita. Hal ini berarti harus mempunyai kejujuran kepada diri sendiri dan mempunyai kesadaran bahwa sukses bukanlah keabadian. Hal ini harus selalu diperbaharui melalui perjalanan musim-musim.

Sukses adalah melihat ke dalam cermin, setiap kali, dan melihat seseorang berrnilai yang anda hormati sebagai contoh.

2. Amatilah kegagalan anda dengan pandangan jangka pendek.

Kegagalan merupakan keterlambatan dan bukan kekalahan. Kegagalan adalah penyimpangan perjalanan yang bersifat sementara, bukan jalan buntu. Anggaplah kegagalan sebagai fenomena jangka pendek.

Pilihlah untuk menggunakan kegagalan sebagai pupuk terhadap sukses anda. Para petani menggunakan kotoran, tanaman yang membusuk, kompos-kompos sampah, dan hal-hal yang seperti itu untuk menyuburkan tanaman mereka. Dengan cara yang hampir sama pula, kegagalan dan kekecewaan anda bisa anda gunakan untuk memperkaya tanah dari pikiran anda dalam menanam bibit kesuksesan.

Ada orang yang mengatakan bahwa kegagalan itu harus dihindarkan dengan segala cara. Tetapi kalau anda memikirkan hal ini dengan matang, harganya terlalu tinggi. Satu-satunya cara untuk menghilangkan segala kemungkinan timbulnya kegagalan, adalah dengan tidak melakukan apapun. Walaupun anda menghindari kegagalan dan kekalahan dengan tidak berbuat apa-apa, anda sekaligus menghindari sukses maupun penyempurnaan diri anda.. Cara anda mengubah kegagalan menjadi pupuk adalah dengan menggunakan kesalahan anda sebagai cara untuk belajar, dan kemudian membuang kesalahan tersebut jauh-jauh dari pikiran anda. Gunakanlah kegagalan dan kekecewaan hanya sebagai umpan balik dalam melakukan koreksi agar anda kembali ke tujuan anda. Pernah dikatakan bahwa kegagalan harus menjadi guru kita, dan bukan pengubur kita.

Hanya satu bisa datang dari kegagalan yaitu kesalahan menyatakan bahwa kegagalan itu adalah diri anda, dan bukan sebagai suatu peristiwa. Para psikolog masa kini sepakat bahwa kemunduran dan kegagalan sebetulnya tidak berarti banyak. Makna dari setiap kegagalan juga dari setiap sukses adalah bagaimana kita menerimanya dan apa yang kita lakukan mengenai hal itu.

3. Impian dan tujuan harus diletakan dalam konteks waktu agar bisa diwujudkan.

Impian adalah visi anda yang kreatif mengenai kehidupan anda di masa akan depan. Impian adalah yang anda inginkan terhadap kehidupan anda di masa depan. Tujuan secara khusus adalah sesuatu yang anda rencanakan agar terjadi. Impian dan tujuan anda sebaiknya berada agak diluar jangkauan anda saat ini, tetapi tidak berada di luar jarak pandang anda saat ini.. Dua tragedi besar dalam kehidupan adalah : tidak pernah mempunyai impian besar maupun tujuan besar; dan telah mencapai segala sesuatu yang pernah anda rencanakan; sehingga hari esok anda tidak mempunyai penghargaan akan adanya tantangan baru.

Banyak orang menjadi penonton,menyerah untuk hanya mengalami sukses diwakili oleh keberhasilan orang lain Mereka bisa melihat sukses pada diri orang lain, tetapi tidak berada dalam diri mereka.

Impian dan tujuan pertanda ada peristiwa baru dalam diri anda. Ada tiga sifat yang dimiliki oleh orang sukses:

v Orang sukses percaya kepada impian mereka, walaupum pada waktu itu hanya impian itu saja yang mereka miliki.

v Orang sukses mengubah impian –impian mereka menjadi tujuan yang terarah dan rencana kegiatan. Mereka mempunyai tujuan. Mereka mengetahui arah ke mana mereka akan pergi. Lebih dari itu, mereka memproyeksikan impian dan tujuan tersebut terhadap waktu.

v Orang sukses mengolah rencana mereka. Mereka melakukan upaya melakukan adpatasi dan berusaha bertahan dengan gigih hingga tujuan mereka tercapai. Mereka mengembangkan keahlian yang diperlukan untuk menanam , untuk menanam kembali, dan untuk memlihara sehingga mereka mendapatkan panen yang mereka inginkan, mereka menyediakan waktu yang diperlukan.

Impian anda dan tujuan anda sangat penting untuk mencapai sukses anda, tetapi hal-hal tersebut tidak akan pernah membawa anda pada sukses anda, kecuali anda menempatkannya di dalam waktu.

4. Tujuan anda di dalam kehidupan ini akan menentukan bagaimana anda membagi dan menyusun prioritas waktu anda.

Tujuan adalah mesin yang memberi kekuatan kepada kehidupan kita. Tanpa tujuan, kita bisa mendapatkan pekerjaan tetapi tidak mungkin membangun karir. Tanpa tujuan, pekerjaan menjadi gangguan yang sayang sekali perlu dilakukan diantara akhir-akhir pekan.

Keberhasilan suatu upaya tidak tergantung pada hasil dan upaya tersebut, tetapi pada dasar untuk melakukan upaya tersebut, dasar itulah perbedaanya. Perusahaan yang paling besar, orang yang paling sukses dalam berbagai jenis kehidupan, berhasil mencapai keunggulan karena keinginan untuk mengekspresikan sesuatu di dalam diri mereka yang perlu diekspresikan, adanya keinginan untuk memcahkan masalah dengan menggunakan keahlian dan kreativitas mereka sebaik mungkin. Ini bukan untuk mengatakan bahwa banyak diantara individu tersebut tidak mendapatkan materi yang besar dan kemashuran untuk tujuan yang berhasil mereka capai. Banyak yang mendapatkannya. Tetapi kunci terhadap sukses mereka terdapat di dalam faktor bahwa mereka lebih dimotivasi untuk memberikan kemampuan terbaik dalam suatu proyek atau pada suatu pelayanan untuk memenuhi suatu

kebutuihan, daripada hanya meikirkan keuntungan.

Seluruh nilai dan makna diri anda sebetulnya telah terdapat di diri anda berdasarkan penciptaan anda. Anda menciptakannya ketika Allah memberi kepada anda kehidupan. Nilai nilai tersebut segala sesuatu yang terdapat dalam diri anda merupakan semua nilai yang kelak anda aperlukan. Jadi masalahnya bukanlah untuk menemukan nilai-nilai, mendapatkan nilai nilai atau membuktikan nilai nilai. Masalahnya adalah bagaiman caranya hidup sesuai dengan nilai nilai yang telah diberikan ke dalam diri kita sejak awal.

Orang ynag benar benar sukses berusaha untuk bisa memberi, bukan untuk menerima. Para pegawai yang mencintai misi pekerjaan mereka, akan lebih sering mengalamai kenaikan jabatan dan gaji, dibanding orang yang mengutamakan kenaikan gaji dan promosi.

Para pemenang yang sesunguhnya tidak pernah mencari tujuan yang akan memberi mereka paling banyak dengan berusaha paling sedikit. Mereka menginginkan tantangan-tantangan yang membutuhkan upaya paling besar dalam mengatasinya. Mereka tidak mencari bagaimana menjadi cepat kaya, lotere, atau penipuan model piramida. Mereka mencari sesuatu yang sulit suatu masalah yang harus dipecahkan, yang keberhasilannya akan memberi rasa mereka kepuasan pribadi yang sangat besar.

5. Rasa tanggungjawab anda dan integritas anda membuat anda tetap perhatian terhadap waktu.

Mengapa perusahaan perusahaan di Indonesia menderita disebabkan persaingan asing? Mengapa perusahaan perusahaan tersebut mengurangi ukurannya? Mengapa standar masa depan standar kehidupannya harus lebih rendah dibanding standar kehidupan orangtua mereka? Siapa yang bersalah ?

Masalah yang sesungguhnya adalah bahwa setiap orang menunjuk pada orang lain.

Kita menuai yang telah kita tabur. Bumerang dari Allah adalah bahwa kita menciptakan situasi kita sendiri dengan pilihan yang kita lakukan serta kegiatan kita sendiri. Siapa diri anda sebenarnya, pada akhirnya akan kembali pada diri anda sendiri dan mempengaruhi diri anda. Untuk itulah bumerang itu direncanakan.

Orang yang mempunyai integritas tidak menuduh orang lain untuk kegagalan sendiri atau berharap orang lain memberikan sukses itu kepadanya. Ia memikul tujuannya sendiri.

6. Kegigihan akan membekali anda ketika waktu berlalu.

Kegigihan adalah untuk melakukan hal hal yang sulit terlebih dahulu dan kemudian melihat ke belakang agar mendapat kepuasan. Kegigihan berarti bertekad untuk lebih banyak lagi ilmu pengetahuan dan mencapai kemajuan yang lebih pesat. Kegigihan berarti lebih banyak melakukan telepon, lebih banyak mengadakan perjalanan, mendapatkan lebih banyak relasi, untuk menantang lebih banyak asumsi yang ditanamkan oleh waktu anda. Untuk bangun lebih dini, dan untuk selalu berjaga-jaga terhadap kemungkinan adanya suatu jalan yang lebih baik untuk melakukan hal yang sedang anda lakukan. Kegigihan adalah untuk bertahan kalau situasi sedang mengatakan anda kalah. Gigih berati menggunakan jalan yang masih paling jarang dilewati oleh para pendahulu dan rekan rekan anda. Gigih berati tidak mengeluh tapi bertahan.

Kesabaran adalah sisi yang paling halus dari kegigihan. Kesabaran mewanti wanti kita agar kita memfokuskan usaha kita pada hal hal yang dapat kita ubah dan menerima hal hal yang tidak dapat kita ubah. Kalau situasi dari luar menghujani perayaaan kita, maka kesabaran menjadi payung kita. Dari pada menyalahkan sesuatu yang tidak mampu kita kuasai, kesabaran memberikan waktu untuk melakukan renungan, sehingga kita bisa mengeringkan diri dan mencari jalan baru.

Bertahanlah di sana ! Anda perlu tahu, bahwa kalau tujuan berada jauh dari diri anda dan sulit dicapai, maka kesabaran menjadi sahabat kita. Waktu akan mengubah segalanya, tetapi dengan kesabaran, kita dapat menahan keinginan kita dengan cukup teguh. Kalau kita mampu bertahan cukup lama, kita tahu bahwa waktu akhirnya akan menciptakan kondisi ketika kita bisa berhasil.

Bagaimanakah kesabaran berkaitan dengan keinginan mendalam untuk menemukan taqdir yang layak bagi kita? Kesabaran harus ada! Tidak ada orang yang bisa mencapai kesempurnaan hidupnya pada usia muda atau mencapainya dengan mengacu pada jadwal waktu. Tidak ada orang yang bisa mencapai suatu tujuan hidup yang layak untuk mencapai tujuan hidup yang penuh, tanpa hidup dalam kehidupan yang penuh itu dengan memiliki suara hati, dengan penuh semangat, dan dengan hidup secara organis sesuai dengan aturan alami, kehidupan yang sesuai dengan keteraturan penciptaan. Kalau kita menanam bunga atau pohon kita memerlukan kesabaran untuk membiarkannya tumbuh, dan hal yang sama pula berlaku terhadap diri kita.

Selama kita gigih dalam pengejaran terhadap taqdir kita yang terdalam, kita akan terus tumbuh. Kita tidak dapat memilih hari atau waktu ketika kita akan berbunga sepenuhnya. Semuanya akan terjadi pada waktunya sendiri. Rahasia sukses adalah untuk hidup dengan penuh, jujur serta gigih di dalam setiap musim yang datang..

7. Sukses itu BERURUTAN dalam waktu.

Hampir segala sesuatu di dalam kehidupan ini dapat dibagi ke dalam tahap tahap. Kita biasanya juga melakukan hal ini dengan kehidupan kita. Walaupun sebenarnya kita hidup dari hari ke hari dalam rangkaian yang tak terputus, kita berbicara mengenai bayi, masa kanak kanak, tahun tahun remaja, masa kuliah, masa keremajaan, masa setengah baya, dan tahun tahun keemasan, seakan-akan masa itu merupakan tahap atau fase-fase yang terpisah, yang semuanya harus kita lewati. Hal ini bukan sepenuhnya hanya merupakan masalah untuk berada di tempat yang benar pada waktu yang benar, tetapi merupakan masalah menyediakan waktu dalam rangka menentukan kapan dan dimana yang akan menjadi waktu dan tempat yang tepat itu.

0 komentar: